Minggu, 17 April 2016

S.KH MADINA BANTEN

hasil PKL ke S.KH. MADINA BANTEN

A.    Sejarah SLB Madina
Seiring berdirinya provinsi Banten, seorang putera Tapanuli (Mandailing Natal) Sumateara Utara terketuk hatinya ingin turut serta memajukan Banten dalam bidang pendidikan.
Atas prakarsa dari bapa Amir Sunnun Lubis kemudian pada tanggal 04 Maret 2001 disepakati untuk mendirikan ina ,SH tanggal 07 Juli 2001 nomor 8.Madina sebagai nama yayasan dan sebagai nama Sekolah Khusus ( S.Kh ) diiusulkan oleh Bapak Amir Sunnun Lubis.
Nama ini diambil dari sebuah nama di daerah Tapanuli Sumatera Utara untuk mengingat kepada kampung halaman tercinta Mandailing Natal.Pribasa menyatakan “ Dimana bumi dipijak disitu langit di jungjung “ karena Bapak Amir Sunnun Lubis berdomisili di Banten, maka beliau bertekad ingin memajukan Banten tanpa melupakan daerah asalnya MADINA ( Mandailing Natal ).
S.Kh Madina mengabdikan diri sepenuhnya kepada anak yang berkebutuhan khusus tanpa memandang latar belakang agama, ras, asal-usul keturunan dan kedudukan sosial, cinta kasih kesabaran, keuletan, semangat persatuan, kesatuan dan kebersamaan kegigihan itulah modal utama dalam memajukan S.Kh Madina.
Sehingga mampu menciptakan harapkan dan masa depan yang cerah bagi anak-anak berkebutuhan khusus, karena memiliki berbagai macam keterampilan dengan tujuan membekali dalam menyongsong hidup yang layak tanpa bergantung kepada belas kasihan orang lain.

S.Kh Madina sendiri berada di wilayah kota Serang- Banten yakni di griya Gemilang Sakti II Blok B4 No. 4-7 Ciracas,Serang- Banten 42116.

A.    Profil S.Kh Madina Banten
S.Kh Madina menerima anak-anak berkebutuhan khusus bagi anak :
·         Tunanetra (A).
·         Tunarungu Wicara (B).
·         Tunagrahita (D).
·         Tunadaksa (D).
·         Tunalaras (E).
·         Autis (F).
·         Tunaganda (G)
.
a.    Identitas Sekolah
Nama Sekolah                         : S.Kh Madina Serang, Provinsi Banten
NSS/NIS                                 : 102280401083/2810088830
NPSN                                      : 20605320
Alamat                                                : Griya Gemilang Sakti II Blok B4 No. 4 & 7 Ciracas Serang Provinsi Banten
E-mail                                      : skhmadinaserang@gmail.com
Ijin Operasional                       : No. 421/1525/Kep.Dindik/XII/2001
Status Sekolah                                    : Swasta
Luas Tanah                              :750m
Status Gedung Tanah             : Yayasan
Kondisi Sekolah                      : Baik
Waktu Penyelenggaraan         : Pagi








b.      Visi dan Misi Sekolah Khusus Madina

Visi :
Mewujudkan Warga Sekolah yang bahagia lahir bathin, Kompetitif, Mandiri dan Berprestasi serta Berwawasan Lingkungan yang bersih dan sehat.

Misi :
1.      Mampu menjalankan perintah agama sesuai kepercayaan masing – masing.
2.      Mampu meningkatkan mutu layanan pendidikan pada setiap jenjang satuan pendidikan yang ada di Sekolah Khusus Madina.
3.      Mampu meningkatkan manajemen dan kapasitas pengelola layanan terhadap anak berkebutuhan khusus.
4.      Mampu menyajikan layanan pembelajaran sesuai jenjang pendidikan,bakat keterampilan dan kemampuan intelektual siswa.
5.      Mampu memberikan berbagai pendidikan dan pelatihan keterampilam pada siswa sebagai bekal hidup mandiri di masyarakat.
6.      Mampu bekerjasama dengan intasi terkait untuk memasarkan produk yang dihasilkan dan penempatan tenaga kerja bagi anak berkebutuhan khusus yang terampil.

c.    Tujuan Penyelenggaraan
Pendidikan di S.Kh Madina bertujuan memberikan bekal kemampuan dasar dan merupakan dasar perluasan serta peningkatan pengetahuan dan keterampilan yang di peroleh di S.Kh, untuk mengembangkan kehidupan secara pribadi, anggota masyarakat, dan warga Negara seusia dengan perkembangan guna mempersiapkan siswa untuk hidup dalam masyarakat, serta membimbing, mendidik, melatih, dan membina anak-anak berkebutuhan khusus sehingga dapat menjadi manusia yang berguna dan hidup layak tanpa tergantung pada orang lain.
d.   Kurikulum
·         Kurikulum 2013
·         KTSP 2006

e.    Fasilitas
·         Ruang kelas ABK
·         Ruang therapy / Asesmen
·         Gedung dan peralatan keterampilan :
a.       Tata boga
b.      Tata busana
c.       Hantaran pernikahan
d.      Komputer ICT
e.       Peralatan musik
f.       Melukis
g.      Hand made
·       Gedung perpustakaan dan ICT
·       Aula serba guna
·       Sarana olah raga
·      Gazebo
·      Koprasi
· Ruang UKS









f.     Kegiatan Keterampilan
Perkembangan pengetahuan akademik dan keterampilan disesuaikan dengan potensi yang dimiliki anak secara maksimal. Setiap program keterampilan berusaha menyusun agenda untuk memutakhirkan dan meningkatkan program pendidikan khususnya keterampilan mereka masing- masing, diantaranya:
a.    Bidang Tata Busana
Dalam meningkatkan keterampilan ini dilakukan melalui kerja sama dengan pihak profesional dibidangnya, sehingga dapat menghasilkan lulusan yang handal.
b.   Bidang Tata Boga
Dalam keterampilan ini memiliki tujuan utama yaitu untuk mengembangkan produksi aneka kripik yang berkualitas, sehingga dapat dipasarkan sejajar dengan produksi lainnya.
c.    Bidang Informatika
Dalam bidang ini diutamakn bagi anak- anak tunarungu wicara agar tidak tertinggal oleh teknologi yang semakin canggih, dan dapat mempelajari sistem komputer, agar dapat bersaing dalam mendapatkan pekerjaan nantinya.
d.   Bidang Kesenian
Dalam keterampilan ini yang diutamakan adalah seni musik dan seni tari, baik tradisional maupun modern.
e.    Bidang Meronce dan Menganyam
Di S.Kh Madina anak- anak diajarkan meronce dan menganyam dengan bahan payet dan mute, sehingga anak dapat menghasilkan tas, dompet, hiasan dinding, dan aksesoris lain yang siap pakai dan siap untuk dipasarkan.
f.     Bidang Kewirausahaan dan Koperasi
Kewirausahaan yang diwujudkan di SKh Madina ini adalah dalam bentuk pelatihan kewirausahaan kerajinan tangan bagi anak- anak berkebutuhan khusus.

g.    Jenjang Pendidikan
Jenjang pendidikan di SKh Madina ini antara lain:
a.    TKLB, jenjang pendidikan yang harus ditempuh oleh peserta didik di TKLB ini selama 2 tahun.
b.    SDLB, jenjang pendidikan yang harus ditempuh oleh peserta didik di  SDLB ini selama 6 tahun.
c.    SMPLB, jenjang pendidikan yang harus ditempuh oleh peserta didik di SMPLB ini selama 3 tahun.
d.   SMALB, jenjang pendidikan yang harus ditempuh oleh peserta didik di SMPLB ini selama 3 tahun.
h.   Tenaga Pengajar
Tenaga pengajar di SKh Madina ini adalah Sarjana Pendidikan Luar Biasa yang telah teruji kemampuan, dedikasi, dan kesabarannya dalam menangani anak- anak berkebutuhan khusus yang bersekolah di SKh tersebut.
i.      KBM Sekolah  Khusus Madina
Ø  TKLB dari mulai pukul 07.30 – 10.00
Ø  SDLM kelas 1 sampai III pukul 07.30 – 10.00
Ø  SDLM kelas IV sampai VI pukul 07.30 – 12.15
Ø  SMPLB dan SMALB pukul 07.30 – 12.15

A.    Kesimpulan
Setelah kami melakukan kunjungan dan melakukan observasi,kami membuat kesimpulan bahwa sekolah khusus madina memiliki fasilitas yang sangat baik untuk anak berkebutuhan khusus.Untuk itu kami merasa salut terhadap sekolah tersebut karena setelah beberapa kali kami melakukan observasi kebeberapa sekolah yang berbeda,kami melihat bahwa sekolah tersebut memiliki keunggulan dan bisa menjadi panutan bagi sekolah-sekolah khusus yang berada di seluruh indonesia.
Selain fasilitas sekolahnya,keterampilan yang diberikan sekolah tersebut sangat bagus,anak diajarkan beberapa keterampilan yang dapat menunjang kehidupannya dimasa depan.Hal ini juga bisa menjadi acuan bagi sekolah lain intuk memberikan keterampilanyang lebih bermanfaat lagi bagi anak berkebutuhan khusus di masa yang akan datang.
Seberat apapun anak didik yang akan kita beri pendidikan, asalkan kita sebagai guru sabar dan telaten dalam mengajarkan nya, pasti hasil yang dicapai oleh peserta didik  akan sesuai dengan yang diharapkan. 



Hasil PKL S.Kh Madina Serang Banten

Tanggal 15 Maret 2016

Gedung S.Kh





Madina”
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar