hasil PKL ke S.KH. MADINA BANTEN
Tanggal 15 Maret 2016
A. Sejarah SLB Madina
Seiring
berdirinya provinsi Banten, seorang putera Tapanuli (Mandailing Natal) Sumateara
Utara terketuk hatinya ingin turut serta memajukan Banten dalam bidang
pendidikan.
Atas
prakarsa dari bapa Amir Sunnun Lubis kemudian pada tanggal 04 Maret 2001
disepakati untuk mendirikan ina ,SH tanggal 07 Juli 2001 nomor 8.Madina sebagai
nama yayasan dan sebagai nama Sekolah Khusus ( S.Kh ) diiusulkan oleh Bapak
Amir Sunnun Lubis.
Nama
ini diambil dari sebuah nama di daerah Tapanuli Sumatera Utara untuk mengingat
kepada kampung halaman tercinta Mandailing Natal.Pribasa menyatakan “ Dimana
bumi dipijak disitu langit di jungjung “ karena Bapak Amir Sunnun Lubis
berdomisili di Banten, maka beliau bertekad ingin memajukan Banten tanpa
melupakan daerah asalnya MADINA ( Mandailing Natal ).
S.Kh
Madina mengabdikan diri sepenuhnya kepada anak yang berkebutuhan khusus tanpa
memandang latar belakang agama, ras, asal-usul keturunan dan kedudukan sosial, cinta
kasih kesabaran, keuletan, semangat persatuan, kesatuan dan kebersamaan
kegigihan itulah modal utama dalam memajukan S.Kh Madina.
Sehingga
mampu menciptakan harapkan dan masa depan yang cerah bagi anak-anak
berkebutuhan khusus, karena memiliki berbagai macam keterampilan dengan tujuan membekali
dalam menyongsong hidup yang layak tanpa bergantung kepada belas kasihan orang
lain.
S.Kh
Madina sendiri berada di wilayah kota Serang- Banten yakni di griya Gemilang
Sakti II Blok B4 No. 4-7 Ciracas,Serang- Banten 42116.
A.
Profil
S.Kh Madina Banten
S.Kh Madina menerima
anak-anak berkebutuhan khusus bagi anak :
·
Tunanetra (A).
·
Tunarungu Wicara (B).
·
Tunagrahita (D).
·
Tunadaksa (D).
·
Tunalaras (E).
·
Autis (F).
·
Tunaganda (G)
.
a.
Identitas
Sekolah
Nama Sekolah : S.Kh Madina Serang, Provinsi Banten
NSS/NIS : 102280401083/2810088830
NPSN : 20605320
Alamat : Griya Gemilang
Sakti II Blok B4 No. 4 & 7 Ciracas Serang Provinsi Banten
Ijin Operasional : No.
421/1525/Kep.Dindik/XII/2001
Status Sekolah : Swasta
Luas Tanah :750m
Status Gedung Tanah : Yayasan
Kondisi Sekolah : Baik
Waktu Penyelenggaraan : Pagi
b.
Visi
dan Misi Sekolah Khusus Madina
Visi :
Mewujudkan Warga
Sekolah yang bahagia lahir bathin, Kompetitif, Mandiri dan Berprestasi serta
Berwawasan Lingkungan yang bersih dan sehat.
Misi :
1. Mampu
menjalankan perintah agama sesuai kepercayaan masing – masing.
2. Mampu
meningkatkan mutu layanan pendidikan pada setiap jenjang satuan pendidikan yang
ada di Sekolah Khusus Madina.
3. Mampu
meningkatkan manajemen dan kapasitas pengelola layanan terhadap anak
berkebutuhan khusus.
4. Mampu
menyajikan layanan pembelajaran sesuai jenjang pendidikan,bakat keterampilan
dan kemampuan intelektual siswa.
5. Mampu
memberikan berbagai pendidikan dan pelatihan keterampilam pada siswa sebagai
bekal hidup mandiri di masyarakat.
6. Mampu
bekerjasama dengan intasi terkait untuk memasarkan produk yang dihasilkan dan
penempatan tenaga kerja bagi anak berkebutuhan khusus yang terampil.
c. Tujuan Penyelenggaraan
Pendidikan
di S.Kh Madina bertujuan memberikan bekal kemampuan dasar dan
merupakan dasar perluasan serta peningkatan pengetahuan dan keterampilan yang
di peroleh di S.Kh, untuk mengembangkan kehidupan secara pribadi,
anggota masyarakat, dan warga Negara seusia dengan perkembangan guna
mempersiapkan siswa untuk hidup dalam masyarakat, serta membimbing, mendidik,
melatih, dan membina anak-anak berkebutuhan khusus sehingga dapat menjadi
manusia yang berguna dan hidup layak tanpa tergantung pada orang lain.
d.
Kurikulum
·
Kurikulum
2013
·
KTSP
2006
e.
Fasilitas
·
Ruang kelas ABK
·
Ruang therapy / Asesmen
·
Gedung dan peralatan keterampilan :
a. Tata
boga
b. Tata
busana
c. Hantaran
pernikahan
d. Komputer
ICT
e. Peralatan
musik
f. Melukis
g. Hand
made
·
Gedung
perpustakaan dan ICT
·
Aula
serba guna
·
Sarana
olah raga
·
Gazebo
·
Koprasi
·
Ruang UKS
f. Kegiatan Keterampilan
Perkembangan pengetahuan akademik dan
keterampilan disesuaikan dengan potensi yang dimiliki anak secara maksimal.
Setiap program keterampilan berusaha menyusun agenda untuk memutakhirkan dan
meningkatkan program pendidikan khususnya keterampilan mereka masing- masing, diantaranya:
a. Bidang
Tata Busana
Dalam
meningkatkan keterampilan ini dilakukan melalui kerja sama dengan pihak
profesional dibidangnya, sehingga dapat menghasilkan lulusan yang handal.
b. Bidang
Tata Boga
Dalam
keterampilan ini memiliki tujuan utama yaitu untuk mengembangkan produksi aneka
kripik yang berkualitas, sehingga dapat dipasarkan sejajar dengan produksi
lainnya.
c. Bidang
Informatika
Dalam
bidang ini diutamakn bagi anak- anak tunarungu wicara agar tidak tertinggal
oleh teknologi yang semakin canggih, dan dapat mempelajari sistem komputer,
agar dapat bersaing dalam mendapatkan pekerjaan nantinya.
d. Bidang
Kesenian
Dalam
keterampilan ini yang diutamakan adalah seni musik dan seni tari, baik
tradisional maupun modern.
e. Bidang
Meronce dan Menganyam
Di
S.Kh Madina anak- anak diajarkan meronce dan menganyam dengan bahan payet dan
mute, sehingga anak dapat menghasilkan tas, dompet, hiasan dinding, dan
aksesoris lain yang siap pakai dan siap untuk dipasarkan.
f. Bidang
Kewirausahaan dan Koperasi
Kewirausahaan
yang diwujudkan di SKh Madina ini adalah dalam bentuk pelatihan kewirausahaan
kerajinan tangan bagi anak- anak berkebutuhan khusus.
g.
Jenjang
Pendidikan
Jenjang pendidikan di SKh Madina ini
antara lain:
a.
TKLB, jenjang pendidikan yang harus
ditempuh oleh peserta didik di TKLB ini selama 2 tahun.
b.
SDLB, jenjang pendidikan yang harus
ditempuh oleh peserta didik di SDLB ini
selama 6 tahun.
c.
SMPLB, jenjang pendidikan yang harus
ditempuh oleh peserta didik di SMPLB ini selama 3 tahun.
d.
SMALB, jenjang pendidikan yang harus
ditempuh oleh peserta didik di SMPLB ini selama 3 tahun.
h. Tenaga Pengajar
Tenaga
pengajar di SKh Madina ini adalah Sarjana Pendidikan Luar Biasa yang telah
teruji kemampuan, dedikasi, dan kesabarannya dalam menangani anak- anak
berkebutuhan khusus yang bersekolah di SKh tersebut.
i.
KBM
Sekolah Khusus Madina
Ø TKLB dari mulai pukul 07.30 – 10.00
Ø SDLM kelas 1 sampai III pukul 07.30 – 10.00
Ø SDLM kelas IV sampai VI pukul 07.30 – 12.15
Ø SMPLB dan SMALB pukul 07.30 – 12.15
A.
Kesimpulan
Setelah kami melakukan kunjungan dan melakukan observasi,kami
membuat kesimpulan bahwa sekolah khusus madina memiliki fasilitas yang sangat
baik untuk anak berkebutuhan khusus.Untuk itu kami merasa salut terhadap
sekolah tersebut karena setelah beberapa kali kami melakukan observasi
kebeberapa sekolah yang berbeda,kami melihat bahwa sekolah tersebut memiliki
keunggulan dan bisa menjadi panutan bagi sekolah-sekolah khusus yang berada di
seluruh indonesia.
Selain fasilitas sekolahnya,keterampilan yang diberikan sekolah
tersebut sangat bagus,anak diajarkan beberapa keterampilan yang dapat menunjang
kehidupannya dimasa depan.Hal ini juga bisa menjadi acuan bagi sekolah lain
intuk memberikan keterampilanyang lebih bermanfaat lagi bagi anak berkebutuhan
khusus di masa yang akan datang.
Seberat
apapun anak didik yang akan kita beri pendidikan, asalkan kita sebagai guru
sabar dan telaten dalam mengajarkan nya, pasti hasil yang dicapai oleh peserta
didik akan sesuai dengan yang diharapkan.
Hasil PKL S.Kh Madina Serang Banten
Tidak ada komentar:
Posting Komentar