A. Pengertian ICT
Teknologi Informasi dan Komunikasi / TIK (Information
and Communication Technologies / ICT) adalah payung besar terminologi yang
mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan
informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi
komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan
proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan
informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan
dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari
perangkat yang satu ke lainnya.
B. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut manusia untuk melakukan
berbagai aktifitas yang dibutukan dengan mengoptimalkan sumber daya yang
dimilikinya. Secara tanpa kita sadari, sebagian aktifitas yang dilakukan oleh
manusia telah didukung oleh Teknologi Informasi dan Komunikasi. Teknologi
Informasi dan Komunikasi baik secara langsung maupun tidak langsung telah
mengubah cara kita hidup, cara kita belajar, cara kita bekerja dan cara kita
bermain. Beberapa penerapan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi antara lain
dalam bidang bisnis, pendidikan, dan kesehatan dan pemerintahan.
Penerapan TIK pada bidang bisnis misalnya, TIK telah banyak digunakan untuk
mendukung proses bisnis yang terjadi pada perusahaan, baik bidang ekonomi
maupun perbankan. Dengan hadirnya aplikasi-aplikasi dan layanan e-bussiness,
e-commerce, e-banking dan lain-lain. Kebutuhan efisiensi waktu dan
biaya menyebabkan setiap pelaku bisnis merasa perlu menerapkan teknologi
informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi
menyebabkan perubahan bada kebiasaan kerja. Misalnya penerapan Enterprice
Resource Planning (ERP).
Penerapan TIK pada bidang pendidikan telah memberikan kontribusi bagi
perkembangan teknologi pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari
sering dijumpai kombinasi teknologi audio/data, video/data, audio/video, dan
internet. Internet merupakan alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan
terjadinya interaksi antara dua orang atau lebih. Kemampuan dan karakteristik
internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning)
menjadi ebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih
baik. Dengan hadirnya e-learning setiap siswa bisa mengakses
materi pembelajaran yang disediakan melalui situs. Siswa bisa berinteraksi
dengan guru atau dengan siswa lain tanpa harus harus hadir dikelas. Materi
pembelajaran online, membuat siapa saja bisa mengakses materi tersebut tanpa
dibatasi oleh jarak dan waktu.
Penerapan TIK dalam bidang kesehatan telah mengubah pola juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien, yaitu dengan sistem berbasis kartu cerdas (smart card) dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien.
Penerapan TIK dalam bidang kesehatan telah mengubah pola juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien, yaitu dengan sistem berbasis kartu cerdas (smart card) dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien.
Digunakannya robot untuk membantu proses operasi pembedahan serta penggunaan
komputer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam
tubuh pasien.
Sedangkan penerapan TIK dalam pemerintahan dikenal dengan istilah e-government. Tujuan
pemanfaatan TIK dalam pemerintahan adalah agar pelayanan kepada masyarakat dalam
lebih efisien. TIK juga dapat memberdayakan masyarakat karena dengan adanya
infrastruktur e-government akan lebih mudah dan lebih cepat
untuk mengakses informasi dari pemerintah. Selain itu, TIK dapat mendukung
pengelolaan pemerintahan yang lebih efisien, dan bisa meningkatkan komunikasi
antara pemerintah dengan sektor usaha dan industri.
Ada tiga kata yang harus kita pahami sebelumnya, yaitu:
Ada tiga kata yang harus kita pahami sebelumnya, yaitu:
·
Information (informasi) : hasil dari
data yang diolah dan menerangkan sesuatu serta berguna bagi yang mengetahuinya.
·
Communications (komunikasi) : pengiriman
dan penerimaan pesan atau berita antara 2 pihak atau lebih sehingga pesan yang
dimaksud dapat dipahami.
·
Technology (teknologi) : kemampuan
teknik yang berlandaskan pengetahuan ilmu eksakta yang berdasarkan proses
teknis.
Dengan demikian ICT
merupakan teknologi yang dapat diandalkan untuk memberikan layanan yang efektif
dan efisien.
C.
Pemanfaatan ICT dalam bidang industri
dan manufaktur
Dalam bidang industri, komputer digunakan pada proses perencanaan sebuah
produk baru melalui program desain, seperti Computer Aided Design (CAD).
Gunanya, agar produk yang diinginkan dapat dirancang secara cepat, mudah, dan
memiliki ketepatan tinggi. Sebagai contoh, untuk menggambar bentuk desain mobil
dibutuhkan waktu yang lama dan relatif sulit apabila dilakukan secara manual.
Akan tetapi, dengan program CAD (misalnya, AutoCad) semua itu dapat teratasi.
Bahkan, program ini dapat menggambarkan bentuk nyata sebuah desain mobil
dilihat dari berbagai sudut (3 dimensi).
Pada tahap produksi, digunakan robot yang d¬kendalikan oleh komputer dengan
program Computer Numerical Control (CNC) dan Computer Aided Manufacture (CAM).
Bahkan, ujicoba ketahanan kendaraan dapat dilakukan dan disimulasikan dengan komputcr.
Dari penjelasan
tersebut, dapat disimpulkan bahwa peran TIK dalam bidang industri dan
manufaktur sangat besar, di antaranya adalah sebagai berikut.
a.
Sebagai alat bantu untuk merancang
produk baru secara cepat, mudah, dan tepat (akurat).
b.
Proses produksi dapat dilakukan dengan
sesedikit mungkin tenaga manusia sehingga mengurangi resiko fisik yang dapat
dialami oleh manusia.
D. Peranan TIK dalam bidang industri
pendidikan
1.
TIK sebagai skill dan kompetensi
Penggunaan TIK harus
proporsional maksudnya TIK bisa masuk ke semua lapisan masyarakat tapi
sesuainya dengan porsinya masing-masing.
2.
TIK sebagai infratruktur pembelajaran
·
Tersedianya bahan ajar dalam format
digital
·
The network is the school
·
belajar dimana saja dan kapan saja
3.
TIK sebagai sumber bahan belajar
·
Ilmu berkembang dengan cepat
·
Guru-guru hebat tersebar di seluruh
penjuru dunia
·
Buku dan bahan ajar diperbaharui secara
kontinyu
·
Inovasi memerlukan kerjasama pemikiran
·
Tanpa teknologi, pembelajaran yang
up-to-date membutuhkan waktu yang lama
4.
TIK sebagai alat bantu dan fasilitas
pembelajaran
·
Penyampaian pengetahuan mempertimbangkan
konteks dunia nyata
·
Memberikan ilustrasi berbagai fenomena
ilmu pengetahuan untuk mempercepat penyerapan bahan ajar
·
Pelajar melakukan eksplorasi terhadap
pengetahuannya secara lebih luas dan mandiri
·
Akuisisi pengetahuan berasal dari
interaksi mahasiswa dan guru
·
Rasio antara pengajar dan peserta didik
sehingga menentukan proses pemberian fasilitas
5.
TIK sebagai pendukung manajemen
pembelajaran
·
Tiap individu memerlukan dukungan
pembelajaran tanpa henti tiap harinya
·
Transaksi dan interaksi interaktif antar
stakeholder memerlukan pengelolaan back office yang kuat
·
Kualitas layanan pada pengeekan
administrasi ditingkatkan secara bertahap
·
Orang merupakan sumber daya yang
bernilai
6.
TIK sebagai sistem pendukung keputusan
·
Tiap individu memiliki karakter dan
bakat masing-masing dalam pembelajaran
·
Guru meningkatkan kompetensinya pada
berbagai bidang ilmu
·
Profil institusi pendidikan
diketahui oleh pemerintah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar